13 June 2007

DS Emulator comparison (pokemon diamond game)

I'm not gonna post this for you, I'm just making a comparison for myself. (Which I believe other site has been doing this too.)

This is original research, so you Wikipedians cannot cite this. Hahaha.

First edit : June 11, 2007

Game : Pokemon Diamond (US Version)

Aku ada 4 emulator, yaitu Desmume 0.7.0-win, IDeaS 1.0.1.6, NeonDS 0.0.4, dan no$gba-w_2.4b (dibaca no cash)

Percobaan pertama : IDeaS 1.0.1.6, game muncul, lancar, sampai pada setelah siaran TV habis. suara tiba2 menjadi kasar dan game menjadi lambat, setelah kuperhatikan lagi dan pergi ke luar rumah, suara semakin kasar dan kelihatan jelas garis2 polygon di mana-mana (environment di Pokemon Diamond adalah 3-dimensi).

Save state jalan, sayang save game biasa kayaknya error, waktu aku save biasa kemudian reset nggak ada pilihan ngeload game, langsung introduksi dari si profesor.

Untuk touchscreen, kayaknya gak ada masalah, touchscreen bisa langsung diklik dengan mouse

Untuk Desmume, setelah open ROM, hanya keluar putih, FPS counter di title bar jalan, tapi tak terdengar suara apapun, layar putih juga tidak berubah. Sayang juga, padahal emulator ini termasuk lengkap, hanya emu ini yg menyertakan window size option (seperti di Visual Boy Advance)Untuk NeonDS begitu ROM di-load kemudian klik Run, cuman item aja yg ada padahal di titlebar menunjukkan 400 fps. Hahaha. Anyway emu ini lebih keliatan seperti disassembler buat saya.

Untuk Nocash (saya lebih seneng nulis nocash daripada no$), pertama2 ROM selalu crash, saya harus mencari settingan yang tepat. Kalo dah dapet settingannya, game akan jalan dengan baik. Saya jalanin dengan speed 16.7 MHz Realtime, digital stereo 44100 Hz sound, dan semua baik-baik saja... yah kadang2 lambat di beberapa waktu tertentu, tapi kalo anda punya prosesor dual core yang cepat (> 2.4 GHz) seharusnya tak jadi masalah.

Polygonnya bagus, gak ada garis2, rendering yang lain juga flaw lebih dikit daripada IDeaS, suara juga nggak kasar asal speed nya disetel ke normal (16,7 MHz Realtime). Touchscreen juga berfungsi dengan baik. Save state tidak berfungsi tapi save game normal berfungsi (untuk game ini, set save type ke Flash 512 Kbyte (4 Mbit)).

mungkin ada yg bisa jalanin game ini dengan desmume/neon atau emulator lain, silakan comment disini..

No comments: